Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 01 April 2019

Keutamaan Puasa Ramadhan Yang Belum Anda Ketahui

0 comments

Keutamaan Puasa Ramadhan Dan Manfaatnya

Ramadhan mempunyai banyak keutamaan yang sangat luar biasa yang tidak ada di dalam bulan-bulan lainnya. Begitupun puasa pada bulan Ramadhan sangat banyak sekali keutamaannya, diantaranya adalah :

Puasa Sebagai Perisai Dari Api Neraka

Seperti sabda Rasulullah SAW. artinya: Puasa adalah perisai yangdapat melindungi seorang hamba dari api neraka.(HR. Ahmad dan Baihaqi)

Memperoleh Limpahan Pahala Yang Tak Terhingga

Karena ketika menjalankan puasa, segala apapun kebajikan yang di lakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, tidurnya orang yang berpuasa pahala, sholatnya, menahan amarahnya, sedekahnya, membaca Al-Qur’an, serta ibadah serta kebajikan lainnya berlipat ganda pahala yang di beri Allah SWT.

Mendapat Ampunan Dari Allah SWT

Untuk orang yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan ikhlas akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Atas segala dosa-dosanya. Seperti sabda Rasulullah SAW. artinya : Barangsiapa orang yang berpuasa dibulan Ramadhan karena iman dan mengharap ridha dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni.(HR. Bukhari dan Muslim)

Disediakan Surga Bagi Orang-Orang Yang Berpuasa

Seperti sabda Rasulullah SAW. yang : Sesungguhnya disurga ada sebuah pintuyang bernama Ar Royyaan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut, dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. (HR. Bukhari dan Muslim)

Bau Mulutnya Orang Berpuasa Lebih Harum Daripada Minyak Kasturi Di Sisi Allah SWT

Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat nanti daripada bau misk atau kasturi. Dan untuk orang yang berpuasa ada 2 kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya. (HR. Bukhari dan Muslim)

Memperoleh Syafaat

Untuk yang menjalankan puasa pada bulan Ramadhan, maka puasa itulah yang akan memberikan syafaat bagi yang menjalankannya. seperti sabda Rasulullah SAW. artinya:  Puasa dan Al Qur’an akan memberikan syafaat kepada seorang hamba padahari kiamat kelak. Puasa akan berkata, “ Wahai Tuhanku, saya sudah menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankan aku untuk memberikan syafaat kepadanya”. Dan Al Qur’an juga berkata, “ Saya sudah melarangnya tidurpada malam hari, karenanya perkenankan aku untuk memberi syafaat kepadanya”. Beliau bersabda: “Maka syafaat keduanya diperkenankan.(HR. Ahmad, Hakim dan At- Thabrani)

Orang Yang Berpuasa Merasakan Nikmatnya Kemenangan

Hanya orang yang benar-benar ikhlas menjalankan segala amal ibadah serta puasa di bulan Ramadhan yang akan memperoleh dan merasakan nikmatnya sebuah kemenangan. Kemenangan yang di peroleh yaitu saat hari raya Idul Fitri. Nikmat yang dirasakan akan terasa berbeda dengan mereka yang tidak berpuasa atau berpuasa hanya setengah-setengah (bolong-bolong).

Manfaat Puasa

Untuk manfaat puasa adalah sangat besar pengaruhnya dalam mensucikan jiwa dan mendidik akhlak serta memberikan kesehatan pada badan. Dan di antara manfaat puasa ialah melatih dan membiasakan jiwa untuk sabar, menahan dirinya untuk meninggalkan sesuatu yang biasa dilakukan, meninggalkan syahwat yang dia inginkan. Dengan puasa juga akan dapat menghentikan dan mengalahkan hawa nafsunya yang selalu menyeru kepada kejelekan.

Dan di antara manfaat berpuasa ialah bisa membuat hati manusia menjadi luluh dan mudah untuk mengingat Allah, sehingga Allah akan memudahkan juga baginya untuk menempuh jalan-jalan ketaatan.

Dan di antara manfaat puasa ialah bahwa puasa akan menjadikan hati manusia untuk bertakwa kepada Allah dan bisa melemahkan syahwat yang ada pada dirinya.

Tujuan di wajibkannya berpuasa itu karena puasa merupakan sebab ketakwaan. Dengan puasa akan mempersempit ruang gerak syahwatnya dan bahkan juga bisa tersingkir dari dirinya. Jika seseorang sedikit makannya, maka keinginan syahwatnya pun akan melemah, dan jika keinginan syahwatnya lemah, maka akan kecil juga kecenderungannya untuk berbuat maksiat.

Dan di antara manfaat puasa dari tinjauan medis ialah bahwa dengan berpuasa bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh manusia. Karena dengan berpuasa seseorang akan terlindungi tubuhnya dari berbagai macam zat yang terkandung dalam makanan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Karena puasanya dengan izin Allah maka akan terjagalah kesehatan organ-organ luar dan organ-organ dalam tubuh sebagaimana hal ini telah di akui oleh para dokter.