Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 03 Mei 2019

Cara Memilah Sampah Rumah Tangga Sesuai dengan Jenis Tempat Sampah

0 comments

Untuk membantu menjaga kebersihan dan kelestarian bisa dimulai dari hal-hal yang ada di sekitar anda seperti misalnya dengan mengelola sampah. Selama ini sampah menjadi salah satu masalah yang cukup rumit untuk diselesaikan karena setiap harinya kian bertambah. 

Namun tak perlu khawatir karena kini penanganan masalah sampah bisa dimulai dari memilah sampah rumah tangga. Dimana pemilahan tersebut bisa dilakukan sesuai dengan jenis tempat sampah atau tong sampah fiberglass yang tersedia.

Perlu anda ketahui bahwa untuk melakukan pemilahan sampah tersebut setidaknya perlu dipersiapkan 3 jenis tempat sampah. Selanjutnya tong sampah tersebut diberi tanda p jenisnya untuk mempermudah proses pemilahan. 

Meskipun terlihat sederhana namun siapa sangka cara sederhana ini memberikan dampak yang besar mengatasi pemanasan global karena sampai bisa segera diolah sesuai dengan jenisnya. 

Untuk membantu anda supaya bisa menerapkan pemilahan sampah di rumah maka berikut akan dijelaskan cara-caranya.

1.      Sampah Organik
Jenis sampah organik merupakan sampai yang sering dijumpai di rumah tangga. Biasanya yang termasuk dalam sampah ini adalah sampah basah hasil dari dapur seperti sayuran, sisa makanan dan lain sebagainya. 


Untuk menampung jenis sampah ini silakan gunakan tong sampah khusus yang diberi tanda organik pada bagian depannya.

2.      Sampah Anorganik
Selain sampah organik atau sampah basah, di rumah tangga biasanya juga terdapat sampah plastik atau kaca. Jenis sampah ini memang lama terurai dan bisa didaur ulang sehingga harus dipisahkan tersendiri. 


Contoh sampah anorganik ini yaitu gelas bekas, kardus susu, botol bekas air mineral dan lain sebagainya. Untuk itulah silakan persiapkan tong sampah lalu tandai dengan tulisan anorganik.

3.      Sampah Kertas
Selain sampah organik dan anorganik, di rumah tangga juga terdapat sampah kertas. Untuk membuang sampah kertas tersebut maka sediakan tong sampah yang sudah ditandai dengan tulisan kertas di bagian depannya. 

Contoh jenis sampah kertas ini yaitu kertas bekas tugas kampus, brosur belanja, koran dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai cara memilah sampah sesuai dengan jenis tempat sampah yang perlu anda ketahui. 

Kini memilah sampah bisa menjadi solusi masalah sampah agar tidak semakin menggunung dan mengancam kesehatan keluarga anda. Selain itu pemilahan sampah ini sangat membantu menjaga kebersihan rumah anda.