Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 22 November 2019

Sertifikat ISO Untuk Meyakinkan Konsumen

0 comments
Pada saat anda membuat sebuah produk tentunya anda berharap agar produk tersebut cepat diterima oleh pasar. Untuk membuat produk anda cepat diterima oleh pasar biasanya anda akan melakukan serangkaian kegiatan promosi. Namun ternyata masih banyak hal yang menjadi pertimbangan masyarakat jika mereka ingin menerima sebuah produk

Salah satu diantaranya adalah sebuah produk harus disertai oleh berbagai macam sertifikat. Sertifikat-sertifikat ini dibuat untuk memberikan jaminan keamanan kepada para penggunanya. Misalnya sertifikat halal akan memberikan jaminan bahwa suatu makanan halal untuk dikonsumsi oleh umat islam.

Selanjutnya ada juga sertifikat BPOM atau departemen kesehatan di mana sertifikat ini bertujuan untuk memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa makanan tersebut aman untuk dikonsumsi. Lalu kita juga mengenal sertifikat SNI dan juga sertifikat ISO yang memberikan jaminan kualitas atau mutu ke orang-orang yang menggunakan barang tersebut.

Jika SNI memberikan jaminan standar nasional dalam negeri kepada para pengguna suatu produk maka sertifikat ISO memberikan jaminan manajemen mutu yang berstandar internasional. Itu berarti produk-produk yang sudah mendapatkan sertifikat ISO akan lebih mudah untuk melakukan ekspor ke berbagai negara.

Jika anda tertarik untuk mendapatkan sertifikat ISO maka anda bisa menghubungi badan sertifikasi ISO. Badan sertifikasi ISO atau lembaga sertifikasi ISO ini adalah suatu lembaga yang ditunjuk oleh badan internasional untuk menentukan apakah suatu produk memenuhi standar atau tidak. Lembaga sertifikasi ISO yang anda hubungi akan membuat jadwal kunjungan ke perusahaan anda.

Mereka akan melakukan audit di dalam perusahaan anda untuk menentukan apakah proses produksi didalam perusahaan anda sudah memenuhi standar yang ditentukan. Jika proses produksi dalam perusahaan anda sudah memenuhi standar yang ditentukan maka tentunya anda bisa mendapatkan sertifikat ISO ini.

Namun jika ternyata proses produksi dalam perusahaan anda belum memenuhi standar maka tentunya akan ada beberapa rekomendasi yang diberikan untuk anda perhatikan. Lembaga sertifikasi ISO ini akan memberikan anda tenggat waktu untuk memenuhi standar standar ini.

Jika anda tidak bisa memenuhi standar yang diberikan maka tentunya anda tidak akan lulus dalam proses sertifikasi ini. Jika anda lulus dalam proses sertifikasi ini maka anda bisa menggunakan sertifikat yang anda dapatkan untuk 3 tahun ke depan. Setelah 3 tahun kedepan anda harus memperpanjangnya lagi dengan menghubungi lembaga sertifikasi yang bersangkutan.