Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 20 Februari 2020

3 Jenis Usaha Yang Potensial di Desa

0 comments
Seperti kita ketahui perpindahan penduduk dari desa ke kota terus saja terjadi di setiap tahunnya.

Urbanisasi ini kerap terjadi saat momen setelah lebaran.

Biasanya orang-orang di desa tergoda untuk mengadu peruntungan ke kota karena ada sebagian orang yang pulang mudik 'show off'' seolah dia sudah sukses besar di perantauan.

Ada sebagian orang yang pulang mudik itu membawa mobil terbaru yang tergolong mewah bagi orang di desa. Padahal bisa jadi mobil itu adalah kendaraan rentalan. Namanya orang desa yang masih polos seringkali dikiranya itu adalah mobil milik orang yang pulang mudik itu.

Oleh karena itu sebaiknya bagi orang di desa jangan terlalu mudah tergiur oleh orang yang suka pamer ketika pulang kampung.

Walaupun mungkin ada diantara mereka yang memang benar-benar telah sukses di kota, tapi untuk bisa seperti dia itu tidaklah mudah. Butuh kerja keras yang luar biasa dan juga kerja cerdas, maka barulah anda akan bisa berpeluang sukses diperantauan.

Ingat satu hal, terkadang juga ada faktor keberuntungan yang membuat seseorang bisa sukses. Dan yang namanya keberuntungan tentu tidak semua orang yang bisa mendapatkannya.

Lagipula jika anda jeli dan pintar mencari peluang, sebenarnya di desa juga ada jenis usaha yang potensial untuk anda jalani. Sebab jenis usaha tersebut hanya cocok dijalankan dipedesaan saja.

Apakah jenis usaha tersebut?

Di artikel ini akan saya uraikan 3 peluang usaha yang paling populer dan cocok dijalankan di desa.


Peluang usaha tersebut adalah:

1. Usaha ternak sapi.


Peluang usaha ternak sapi ini hanya cocok dijalankan di pedesaan. Penyebabnya tentu anda sudah tahu. Karena usaha ternak sapi hampir mustahil dijalankan diperkotaan.

Penyebabnya karena usaha ternak sapi butuh lahan yang luas sebagai tempat penggembalaannya. Selain itu pakan ternak sapi yang berupa rumput tentu saja hanya banyak tersedia di desa. Di desa anda bisa melepaskan ternak anda di padang rumput yang luas. Ini suatu hal yang langka untuk anda temukan diperkotaan.

Usaha ternak sapi ini juga relatif mudah untuk dijalankan. Yang penting anda paham sedikit-sedikit ilmu tentang peternakan hewan, maka usaha ternak sapi ini sudah bisa anda jalankan di desa anda.

Toh kebutuhan ternak sapi itu yang penting adalah asupan makanannya yang cukup dan pemeriksaan kesehatannya secara berkala. Dan untuk mengembangbiakkan hewan ternak sapi anda, maka tentu anda harus menyediakan ternak jantan dan betinanya. Sehingga hewan ternak anda itu bisa berkembang biak secara alami dengan sendirinya. Jika hewan ternak anda sudah berkembang biak begitu banyak. maka anda bisa mendapatkan keuntungan puluhan juta rupiah dari ternak sapi anda tersebut.

2. Usaha peternakan ayam petelur.


Ini adalah jenis usaha ternak lainnya yang paling cocok dijalankan di pedesaan. Kondisi alam pedesaan yang sejuk, rindang dan tenang membuat ayam petelur akan merasa betah. Jika ayam petelur sudah betah dan nyaman, maka sudah barang tentu akan mudah bertelur.

Berbeda sekali jika Anda membuka usaha ternak ayam petelur dikawasan perkotaan yang padat. Suasana kota yang bising dan penuh polusi bisa membuat ayam petelur merasa stress. Dan jika sudah stress, maka akan sulit bagi anda untuk mengharapkan hasil telur yang banyak.

Oleh karena itulah, pasti anda akan lebih banyak mendapati usaha ayam petelur ini terdapat di kawasan pedesaan.

Mungkin ada diantara anda yang bertanya: "Berapakah rincian modal usaha telur ayam?

Anda bisa mendapatkan jawaban selengkapnya di referensi yang saya cantumkan di atas.

3. Usaha perkebunan.


Usaha potensial di desa lainnya adalah berkebun. Di desa anda bisa berkebun apa saja. Tentu saja jenis komoditi yang yang akan Anda kembangkan harus di sesuaikan dengan kondisi alam pedesaan anda.

Ada komoditas buah-buahan yang hanya cocok ditanam di daerah pedesaan dengan iklim sejuk. Contohnya seperti buah apel dan anggur. Ada juga buah-buahan yang cocok ditanam di iklim sedang, dan ada juga yang hanya bisa berbuah di daerah beriklim panas.

Usaha berkebun ini bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan bila hasil panen anda berhasil. Artinya hasil panen yang anda dapatkan berlimpah ruah. Tentu saja untuk bisa mendapatkan hasil penen yang melimpah memerlukan ketekunan anda dalam mengelola kebun anda tersebut.

Anda juga perlu (sedikit banyaknya) tahu tentang ilmu dibidang pertanian. Jadi anda bisa mengantisipasi kebun anda dari serangan hama penyakit.

Cukup banyak pengusaha perkebunan yang telah sukses dan berhasil di desanya. Dari kesuksesan tersebut, sehingga mereka bisa mapan dibidang finansial tanpa perlu harus jauh-jauh merantau ke kota dan pergi dari kampung halamannya.

Jadi bagi anda yang kebetulan berdomisili di kampung halaman anda, maka 3 peluang usaha yang potensial diatas diatas layak untuk anda pilih.

Demikianlah artikel singkat ini. Semoga isinya dapat bermanfaat untuk anda semuanya