Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 29 April 2020

Permainan bola voli: Sejarah, Peraturan dan ukuran lapangan

0 comments
Beberapa informasi terkait sejarah permainan bola voli serta aturan main dan ukuran lapangannya yang diulas secara lengkap dan detail. Siapa sih orang yang tidak mengenal olahraga bola voli. Hampir semua dari kita pasti mengenal olahraga yang satu ini karena cukup populer di indonesia dan dunia. Permainan voli cukup merakyat dan digemari banyak orang. Permainan bola voli juga relatif lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga saat bermain.

Olahraga voli bisa dimainkan oleh anak-anak, orang dewasa, ataupun orang tua. Tidak adanya kontak fisik secara langsung dalam permainan bola voli akan mengurangi resiko cidera dan kekerasan. Jadi olahraga ini sangat cocok bagi anda yang tidak ingin melakukan latihan yang ekstrem. Lantas tahukah anda peraturan serta sejarah awal permainan bola voli? Berikut ulasannya untuk anda.

Awal penemuan bola voli

Sejarah permainan bola voli dimulai dari saat olahraga ini ditemukan oleh seorang guru olahraga asal Kanada yang bernama William G morgan. Morgan awalnya membuat sebuah olahraga yang menggabungkan keempat unsur olahraga lainnya seperti bola basket, tenis, bola tangan, dan baseball. Dari keempat olahraga ini maka akhirnya Morgan membuat olahraga baru yang bernama permainan bola voli.

Penemuan permainan bola voli oleh morgan awalnya terinspirasi dari James Naismith yang  pada waktu itu berhasil menemukan olahraga baru yaitu bola basket. Permainan bola basket ditemukan Naismith 4 tahun sebelum permainan bola voli diciptakan oleh morgan. James Naismith sendiri sebenarnya adalah senior morgan saat masih bersekolah di Young Mens Christian Association.

Olahraga bola voli awalnya diciptakan Morgan untuk memfasilitasi orang-orang yang sudah tidak muda lagi untuk tetap bisa berolahraga. Sehingga permainan voli relatif lebih ringan dibandingkan dengan olahraga basket atau sepak bola.

Sejarah permainan bola voli dunia

Setelah permainan bola voli berhasil ditemukan morgan pada tahun 1895 akhirnya olahraga ini semakin banyak diminati dan menyebar ke seluruh dunia. Olahraga yang awalnya bernama mintonette ini bisa dimainkan oleh 6 atau 5 orang dalam satu tim nya.

Di tahun 1896 permainan yang dulunya bernama mintonette akhirnya diganti menjadi volleyball. Perubahan nama ini tentu untuk lebih mengenalkan permainan bola voli ke seluruh dunia. Nama mintonette dianggap kurang begitu familiar. Perubahan nama ini ternyata memang berimbas cukup baik untuk kepopuleran olahraga bola voli pada waktu itu.

Peraturan permainan bola voli

Olahraga bola voli secara umum bisa dimainkan oleh 5 atau 6 orang dalam satu timnya hingga total keseluruhan untuk bermain voli adalah 12 orang. Adapun beberapa rincian aturan main bola voli diantaranya adalah:


  • Dalam permainan bola voli penskoran yang digunakan adalah 25 poin dalam satu game nya.
  • Format yang digunakan secara umum adalah 2 kali dan 3 kali kemenangan.
  • Seorang pemain voli dilarang keras untuk menyentuh net, baik itu dengan tubuh, tangan, atau kaki.
  • Saat pemain voli melakukan servis maka harus dilakukan dari belakang garis area permainan.
  • Seorang pemain hanya diperkenankan memainkan bola 1 kali dan tidak boleh lebih dari itu.
  • Dalam satu tim bola voli diperbolehkan memainkan bola hingga tiga kali akan tetapi tidak boleh lebih dari jumlah tersebut.
  • Dalam permainan bola voli ada beberapa tugas pemain di antaranya adalah tosser, libero, dan spiker.


Ukuran lapangan bola voli

Bentuk dari lapangan bola voli sekilas menyerupai lapangan bulu tangkis. Akan tetapi salah satu yang paling mencolok dalam perbedaannya adalah tiang net yang digunakan. Secara umum permainan bola voli memiliki ukuran net yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan permainan bulu tangkis. Berikut rincian ukuran lapangan bola voli standar:

Lapangan bola voli standar memiliki panjang 18 m dengan lebar 9 m. Sedangkan untuk panjang garis serang lapangan bola voli yaitu sekitar 3 m. Untuk total area lapangan bola voli secara umum adalah 162 m2. Untuk lebar garis lapangan bola voli adalah 5 cm. Sedangkan area servis untuk permainan bola voli sekitar 3 meter.

Demikian tadi beberapa peraturan serta sejarah permainan bola voli yang diulas secara lengkap dalam sebuah artikel pendek.