Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 04 Juni 2020

Cantik dan Sehat dengan Pacar Kuku

0 comments

Henna untuk Mempercantik Diri

Kecantikan merupakan hal yang paling diidam-idamkan oleh kaum hawa. Alat-alat kecantikan sering diburu agar diri seorang wanita memposana dalam pandangan laki-laki atau perempuan.

Salah satu yang digunakan untuk mempercantik diri itu adalah inai. Tanaman yang juga sering dinamai dengan pacar kuku ini adalah pewarna alami untuk mempercantik anggota tubuh.

Tanaman yang disebut sebagai pacar henna ini sering digunakan di kuku untuk pemerahan kuku. Cara pemakaiannya adalah daun tanaman ini ditumbuh halus dengan kapur kemudian digunakan untuk mewarnai.

Selain untuk kuku, inai juga sering digunakan untuk memberi warna pada rambut. Daunnya mengandung lawson yang sarinya berwarna kuning sebagai bahan untuk mewarnai pakaian atau kain.

Seringkali, daun kuku pacar ini digunakan saat pengantin perempuan hendak melakukan upacara pernikahan. Bahkan tradisi mewarnai kuku dan kulit ini juga telah ada di dunia sejak zaman kuno. Sementara di Indonesia sendiri proses pemakaian inai ini juga digunakan dalam upacara adat pernikahan daerah setempat.

Mengobati Berbagai Penyakit dan Luka

Selain untuk mempercantik diri, daun pacar digunakan juga untuk mengobati luka dan penghenti sakit diare atau mules-mules di perut.

Fungsi hebat dari pacar kuku ini telah diteliti oleh sejumlah ilmuan di India, negara yang sangat kental dengan pemakaian henna. Mereka menemukan bahwa dalam tanaman pacar terdapat senyawa flavonoid, xanthone dan dzat lainnya.

Sehingga dapat juga berfungsi untuk meredakan sakit kepala, sakit pinggang, bronchitis, kudis, penyakit kulit, antibakteri, antijamur, hipotensi dan lain sebagainya.

Kemudian penelitan lebih lanjut juga dilakukan oleh peneliti di fakultas MIPA UNS Solo. Mereka menyimpulkan bahwa dalam inai ada bakteri Escherischia Coli yang dapat menghambat prosesi bakteri lain. Dan ini adalah manfaat positif dari tumbuhan inai.

Manfaat Lain Pacar Kuku

Selain manfaat diatas, pacar kuku juga dapat menyembuhkan radang kulit di jari atau bagian lainnya. Daun ini juga biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat pedesaan untuk menghilangkan rasa perih dan panas saat kulit terkena api.

Caranya adalah dengan menumbuk atau menghaluskan daun henna ini, kemudian ditempelkan secara perlahan di daerah tempat luka tersebut.

Bagitu juga para peneliti di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, juga menyimpulkan kesimpulan positif terkait manfaat daun inai ini, selain untuk mempercantik wanita.

Mereka menegaskan bahwa tumbuhan ini adalah tumbuhan ajaib yang memiliki fungsi yang sangat banyak. Antibakteri dan juga antijamur sehingga dapat menyehatkan dan menyembuhkan berbagai penyakit.